- 2 min read

Semilir Angin di Tepi Yokohama

Keindahan Taman Yamashita

Melepas penat di sore hari dengan duduk santai sambil menikmati semilir angin, dan memandang lautan lepas? Atau berjalan-jalan mengagumi mawar cantik warna-warni di pagi hari? Ini bisa Anda lakukan saat berada di Yokohama. Tepatnya di Taman Yamashita atau Yamashita Park. Taman yang juga sarat nilai sejarah di dalamnya.

Yamashita Park adalah taman pertama di Jepang yang berlokasi tepat di depan Pelabuhan Yokohama. Taman yang memiliki panjang setidaknya 700 meter ini terbentang dari sisi timur Osanbashi hingga dermaga Yamashita. Taman ini dibuka pada tahun 1930 beberapa waktu selepas gempa bumi Kanto yang menimpa Jepang di tahun 1923. Gempa berkekuatan mencapai 8,4 SR ini sempat melumpuhkan Yokohama.

Di Taman Yamashita Anda juga bisa melihat beberapa patung yang menjadi simbol dukungan dan persahabatan dari negara sahabat di dunia terhadap Jepang. Saat memasuki taman dari sisi barat, Anda akan menemukan kolam pancur minuman. Kolam ini menjadi lambang persahabatan dan terima kasih dari pemerintah India atas dukungan Jepang terhadap warganya saat gempa Kanto tahun 1923.

Masyarakat kota San Diego, Amerika Serikat pun memberikan kenang-kenangan dan dukungan untuk Jepang agar segera bangkit paska gempa. Sebuah patung wanita penjaga air Water Guardian berdiri di tengah kolam pancuran yang dikelilingi ratusan bunga warna warni. Sebelumnya saya bertemu dengan sebuah patung bernama Little Girl in The Red Shoes tampak duduk sambil memeluk lututnya berdiri menghadap pelabuhan dengan sorot mata rindu. Konon kabarnya patung ini melambangkan kesedihan sang gadis cilik saat akan berlabuh meninggalkan negerinya.

Saat akan melintas menuju kebun mawar, saya melihat kapal Hikawamaru yang megah dan anggun bersandar di tepi dermaga. Kapal kargo dan pengangkut penumpang ini telah berhenti beroperasi dan dapat dinikmati oleh pengunjung taman sebagai salah satu objek wisata. Taman Yamashita terletak di seberang Museum Sutera atau Silk Museum. Anda bisa mencapainya sekitar 20 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Kannai.

Jika Anda ingin bersantai duduk atau membaca di bangku taman kemudian merasa lapar atau haus, jangan khawatir. Ada convenience store di sana. Letaknya tepat di depan kolam air mancur minum. Jangan lupa untuk berfoto di antara bunga-bunga cantik berlatar pelabuhan Yokohama yang indah. Saran saya, datanglah saat sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terik bersinar.

0
0
Was this article helpful?
Help us improve the site
Give Feedback

Leave a comment

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.