- 3 min read

Stasiun Kyoto

Tempat asyik yang sering terlupakan

Ketika berada di Stasiun Kyoto, saya sering melihat beberapa orang yang sedang berphoto dengan latar belakang pintu utama stasiun tersebut. Apakah JapanTraveler hanya puas jika hanya memiliki photo-photo seperti itu, tanpa tahu bahwa sebenarnya masih ada tempat-tempat menarik yang ada di dalam stasiun, dan tidak kalah seru untuk diabadikan?

Stasiun yang memiliki dua pintu masuk/keluar, Karasuma dan Hachijo ini merupakan salah satu stasiun yang memiliki bangunan terluas di Jepang. Tidaklah mengherankan karena tempat ini tidak hanya dipenuhi oleh peron-peron kereta, tapi juga tempat-tempat belanja, tempat-tempat makan, dan hotel berbintang.

Pusat perbelanjaan

I-Setan, Cube, dan Porta merupakan pusat perbelanjaan yang akan JapanTraveler jumpai jika sedang berada di stasiun ini. I-Setan dikenal sebagai department store yang menjual produk fashion dengan merk-merk terkenal di dunia dengan harga relatif mahal, sedangkan Porta dan Cube menyediakan produk fashion dengan merk lokal dengan harga lumayan terjangkau walaupun sebenarnya juga tidak murah. Ketika I-Setan menempati sekitar 10 lantai seperti layaknya department store terkemuka, Cube dan Porta hanya menempati lorong-lorong yang luas di lantai dasar. Jika JapanTraveler tidak berniat belanja di tempat-tempat ini, sekadar berkeliling cuci mata saja sudah cukup menyenangkan karena bisa melihat-lihat tren pakaian di Jepang yang memang sesuai dengan musim.

Kuliner dan Oleh-oleh

Tidak hanya pakaian dan kosmetika, di lantai paling atas I-Setan ada beragam restoran yang bisa dipilih oleh JapanTraveler. Begitu pula di lantai dasar, ada satu lorong yang khusus dipenuhi oleh beragam tempat makan. Biasanya bagian depan dari restoran-restoran ini tersedia buku menu sehingga JapanTraveler bisa melihat harganya. Ada juga restoran yang memanjang contoh hidangannya yang terbuat dari lilin. Warna dan penataan makanan tersebut terkadang memang bisa menggugah selera makan kita. Tidak hanya restoran, di dalam stasiun ini terdapat juga kios-kios makanan ringan dan cepat saji yang bisa dijadikan bekal di perjalanan.

Taman (Observation Deck)

Salah satu tempat untuk melihat Kyoto dari atas adalah taman yang ada di bagian paling atas bangunan stasiun. Taman yang juga disebut sebagai observation deck ini sebenarnya hanya berisi tanaman bambu kecil dengan beberapa bangku kayu. Namun warna hijaunya lumayan menyejukkan di kala ada terik matahari. Banyak orang yang menghabiskan waktunya di tempat ini dengan menikmati makanan, membaca, atau mengobrol.

Dinding bangunan pada lantai paling atas ini hanyalah berupa kaca di antara tembok-tembok penyanggahnya, sehingga JapanTraveler bisa menikmati pemandangan yang ada di sekeliling Stasiun Kyoto dari atas.

Skyway

Tempat lain yang bisa digunakan untuk menikmati situasi di luar dan di dalam stasiun adalah dari jembatan yang melintas dari sisi kiri dan kanan stasiun. Mungkin tidak banyak pengunjung yang mengetahui adanya jembatan yang disebut skyway ini karena disain luarnya yang menyatu dengan langit-langit gedung. JapanTraveler bisa melewati jembatan sambil melihat Kyoto Tower yang terasa lebih dekat dan sejajar mata.

Jangan sampai lupa menikmati asyiknya Stasiun Kyoto, JapanTraveler!

0
1
Was this article helpful?
Help us improve the site
Give Feedback

Leave a comment

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.