- 2 min read

Shimizu Head Office

Devil in the detail

Bagi wisatawan yang memiliki ketertarikan di bidang Arsitektur, ataupun para profesional di bidang ini, mengunjungi gedung Shimizu Head Quarter ini memiliki keasyikan tersendiri. Dimana Shimizu adalah perusahaan kontraktor terbesar di Jepang.

Dan ada kemungkinan Shimizu memberi kesempatan kepada sekumpulan Arsitek dan Sipil Engineer untuk menjelajahi gedung head quater mereka hanya untuk sekedar bertukar ilmu, seperti kesempatan yang saya dapatkan.

Salah satu fakta yang menarik dari project ini adalah tingkat energy saving dari gedung ini adalah 60% lebih hemat daripada gedung lainnya di Jepang.

Foto yang saya sajikan akan lebih bercerita hal ini lebih detail.

Berbicara tentang detail, satu yang saya kagumi dari design arsitektur Jepang adalah design mereka sangat memperhatikan hal detail (dalam arsitektur hal ini disebut "devil in the detail") lengkap dengan kemampuan craftmanship yang sangat presisi dan hampir sempurna. (Sebagai manusia kita tidak bisa meng klaim diri kita sempurna bukan) 

Ciri design mereka yang lain adalah sangat functional, tanpa perlu penambahan ornamen dekorasi yang tidak mempunyai fungsi.  clean cut shape, form follow function, less is more (Mies van de Rohe)

Dan satu lagi hal yang  menurut saya sangat personal dalam perencanaan sebuah fasilitas umum mereka sungguh sangat peduli pada penyandang disabilitas.

0
0
Was this article helpful?
Help us improve the site
Give Feedback

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.