- 2 min read

Stasiun JR Yamagata

Nikmati Fasilitas Bersepeda Gratis di sini

Kota Yamagata, terletak di pusat Prefektur Yamagata dulunya merupakan kota kastil yang telah berkembang sejak pertengahan abad ke-15. Kota ini juga bisa menjadi pintu masuk menuju destinasi mengagumkan di prefektur Yamagata seperti Yamadera. Bicara mengenai pintu masuk, tak lengkap jika tidak membahas salah satu akses masuk utama menuju kota Yamagata yaitu Stasiun Yamagata.

Sebelumnya saya tak pernah ada niat untuk berkunjung ke kota Yamagata. Kebetulan saya punya JR East Pass yang membuat saya secara leluasa bergerak di kawasan timur Jepang, kota Yamagata termasuk di dalamnya. Akhirnya pada bulan akhir musim gugur, saya iseng berkunjung ke ibukota Prefektur Yamagata di kawasan Tohoku ini.

Ini merupakan perjalanan pertama saya ke kawasan Tohoku. Dari Stasiun Omiya di Saitama, saya bertolak dengan kereta Tsubasa di jalur Yamagata Shinkansen. Perjalanan berjarak 350 km ini dapat ditempuh dengan waktu hanya 2 jam 16 menit saja. Jika Anda tidak menggunakan JR East Pass maka tarif yang dikenakan adalah sekitar ¥10,810

Setibanya di Stasiun JR Yamagata, kita akan disambut oleh beberapa toko souvenir. Mungkin ini ditujukan bagi para wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh lokal. Meskipun tak sebesar Stasiun Tokyo atau Stasiun Omiya, Stasiun JR Yamagata ini memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari pusat informasi turis, travel & ticket agent, penyewaan mobil, coin locker, beberapa kafe dan restoran.

Stasiun yang dibuka pada tanggal 11 April 1901 ini merupakan bagian dari jaringan Japan Railway East. Stasiun JR Yamagata memiliki beberapa jalur misalnya Yamagata Shinkansen yang menghubungkannya secara cepat menuju Tokyo, Ou Main Line (Yamagata Line), Senzan Line, dan Aterazawa Line. Setiap harinya, stasiun ini melayani penumpang lebih dari 10.000 orang.

Bagi saya, salah satu fasilitas uniknya adalah penyewaan sepeda secara gratis. Kita cukup mengisi formulis dan menunjukkan paspor. Lalu mendapatkan sebuah kunci dan mengambil sepedanya sendiri di parkiran. Fasilitas ini bisa dinikmati seharian. Untungnya kota Yamagata memang tak terlalu besar sehingga sepeda adalah moda transportasi yang cocok

0
0
Was this article helpful?
Help us improve the site
Give Feedback

Leave a comment

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.